Andong | Surga Pendaki Sangat Pemula

Sekitar tahun 2014 lalu nama Gunung Andong belum banyak didengar. Belum banyak pendaki yang melakukan pendakian ke gunung ini. Beberapa pengunjung malah ke Andong dengan niat melakukan ziarah karena memang di puncak bagian barat terdapat sebuah makam (Ki Joko Pekik). Saat ini sudah ada tanda nama di makam ini, berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. 
Gunung Andong sendiri terletak di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Dari segi ketinggian, gunung ini memang hanya memiliki ketinggian 1726 mdpl, tetapi keindahan yang disuguhkan tak kalah dengan gunung-gunung tinggi di sekelilingnya. Yang membuat Andong istimewa adalah gunung yang tergolong kecil ini dikelilingi gunung-gunung tinggi nan indah yaitu Merbabu (paling dekat), Merapi, Telomoyo, Ungaran, Sindoro, dan Sumbing. 
Bascamp pendakian tercepat menrut saya adalah via Desa Sawit. Dari bascamp Sawit ini puncak Gunung Andong bisa dicapai dalam waktu 1 sampai 1,5 jam. Cukup ringan menurut saya. Jalur pendakiannya pun juga mudah dan nggak terlalu menanjak. Sangat recomended bagi yang ingin mendaki tetapi takut tidak kuat. Jangan khawatir soal bekal, karena di puncak sudah ada beberapa warung yang menyediakan beberapa makanan dan minuman. Di warung inipun kita bisa numpang istirahat bagi pengunjung yang tidak membawa tenda (saya sarankan tetap membawa tenda).

Gallery:
Sunrise

Sunrise

Sumbing (kiri) dan Sindoro (kanan)



Ahmad Shoffa

Suka jalan-jalan untuk mencari inspirasi. Beginner Web Developer

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama